Latihan pemanasan dalam senam ritmik

7+Latihan Pemanasan Dalam Senam Ritmik, Manfaat dan Tips Terbaru 2022

Latihan pemanasan dalam senam ritmik mempunyai tujuan yang bersifat – Soal ini biasanya diberikan oleh seorang guru pendidikan jasmani untuk tugas atau bahkan saat ujian sekolah. Pada dasarnya ini mengarah pada bab senam ritmik dimana memiliki beberapa perbedaan dengan senam jenis lainnya. Tak perlu basa-basi lagi langsung saja kita jawab soal tersebut.

 

Latihan Pemanasan Dalam Senam Ritmik

Dilansir dari gokemedia.com situs yang berisi informasi jawaban semua mata pelajaran sekolah .Bahwa latihan pemanasan dalam senam ritmik mempunyai tujuan yang bersifat Menggembirakan. 

Namun nyatanya dalam senam ritmik memiliki banyak manfaat dalam konteks kesehatan jasmani. 

berikut ini beberapa manfaat senam ritmik bagi kesehatan:

  • Menambah daya imunitas
  • Melatih elastisitas tubuh
  • Menjaga berat badan
  • Meningkatkan ingatan agar lebih kuat
  • Menghilangkan penat karena beban dalam pikiran
  • Jantung lebih sehat
  • Menjaga kesehatan tulang

Semua manfaat diatas dapat dirasakan apabila dalam melakukan senam ritmik dilakukan dengan benar. Proses ini umumnya terjadi dikarenakan tidak adanya latihan pemanasan dalam senam ritmik. 

Akibatnya adalah cedera yang mengakibatkan sakit pada area tubuh. Kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Cedera Dalam Senam Ritmik

Pada dasarnya dalam melakukan kegiatan olahraga pastinya tidak bisa lari dengan kata cedera. Sama halnya dengan senam ritmik, meskipun gerakannya tidak se extreme cabang olahraga pencak silat. Ini juga memiliki beberapa resiko luka pada area tubuh.

Umumnya cedera yang terjadi dalam senam ritmik adalah sebagai berikut:

1. Area Punggung

Pelaku senam ritmik memiliki resiko cedera punggung. Seperti yang diketahui bahwa gerakan senam ritmik memfokuskan terhadap tekanan lebih pada area otot dan tulang punggung.

Hal ini yang menyebabkan adanya trauma otot pada area punggung apabila terjadi kesalahan dalam melakukan gerakan senam seperti terjatuh saat melakukan gerakan.

2. Area Pergelangan Kaki.

Cedera yang sering kali terjadi selanjutnya adalah bagian pergelangan kaki. Ini diakibatkan gerakan senam ritmik seperti melompat dan memutar tubuh menggunakan tumpuan kaki.

Kekuatan extra yang diberikan pada area pergelangan kaki menyebabkan cedera seperti keseleo, dislokasi, sampai yang paling parah yakni patah tulang.

Maka dari itu sebelum melakukan kegiatan olahraga pastikan melakukan peregangan serta ketahui apa resiko yang ada dalam olahraga tersebut.

Alangkah baiknya lakukan latihan pemanasan dalam senam ritmik untuk menghindari terjadinya cedera. serta pahami dahulu gerakan demi gerakan dengan baik. cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.